Jumat, 20 September 2013

Senin




Salah seorang dari murid yang bernama muddasir bertanya pada Ustatz “tat, dhak teng filem-filem, niku dhak doso tat, seng adengan,adengan aneh.

“Seni, jika diperenakan tapi peran itu mencakup dosa, itu dosa. Filem pun jika ada adegan-adengan seperti kissing , terus rangkul-rangkulan (dengan lain jenis yang yang tidak halal) dsb itu dosa.
-            
            "Dosa yang tidak dosa adalah ketika nyawa terancam. Seperi, misalnya ada orang dipaksa keluar dari agamanya (islam) dengan ancaman akan dibunuh kalo nggak keluar dari agamanya, itu berbohong boleh. Terus jika ada anak diperlihatkan ibunya akan di gantung, terus anak nya diancam “ he kowe  dhak ora\ nyebah tuhan tuutttttt, bhok mu tak pateni” kemudian anak itu berkata “ ojo-ojo, y owes aku manut weee…..” yang begitu tidak dosa.

Ismail salah seorang dari kalangan murid pun juga bertanya. “ tat dhak balas dendam niku dhak angsal tat”

“Tidak boleh.  Dulu jaman siapa gitu , pernah ada : telinga dibayar telinga, hidung dibayar dengan hidung, tangan di bayar dengan tangan. Itu  tidak. Yang boleh dib alas hanya pembunuhan, itupun yang menentukan boleh di bunuh adalah hakim. Tangan tangan dll, itu denda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

senang bertengkar denganmu

Pernahkah kau bertengkar? Apa kau menyesalinya? Dan bila itu terjadi padaku aku tak akan menyesalinya. Indahnya pagi setelah kutempuh malam ...