Jumat, 20 September 2013

Malam saptu 2-maret-2012





                           Diskusi Al Qur’an bersama kelas 3 Thanafiah

Ustatz berkata: aku tadi jadi berfikir ketika temanku bercerita. Di suatu desa terdapat suatu perpustakaan yang sangat bagus, bukunya banyak sekali. Perpustakaan itu sangat dibanggakan bagi masyarakat. “Tapi sangat disanyangkan, tiada seorangpun yang membaca buku. Misal ada ada satu orang pun yang membaca buku juga percuma, karna tidak di bicarakan/ di diskusikan” kata teman beliau.  Gara-gara perkataan temanku itu aku jadi berfikir tentang al qur’an. Al qur’an dibaca” ya”, dipahami tidak semua, dibicarakan jarang. Sebaiknya 3 hal ini di lakukan. Oh ya… sebenarnya kalian ( anak podok) punya waktu untuk ini, kapan?
ada salah seorang santri berkata: sekarang.
Ustat berkata” bukan, tapi saat waktu musyawaroh.
Saud seorang murid dari kalangan putra “ wah tat sekarang sudah nggak kondusif musyawarohnya”

“ wah kalian (murid pondok) tidak menggunakan kesempatan yang bagus. Kesempatan yang baik jika tidak digunakan dengan baik, tunggulah saatnya, akan dimintai pertanggung jawaban oleh sang pemberi kesempatan.” ujar ustatz.

Pembahasan al Qur’an
 Pak Ustatz“ tak beri pertanyaan. Cirri-ciri kiamat sudah dekat menurut al Qur’an?

“datangnya rosul yang paling terahir” saud khana.

Ustat berkata” tak ceritain,  aku sms temanku, Tanya tentang harga alquran. Blablabla. Kemudian temanku membalas smsnya.” Ada al quran yang kualitasnya lebih bagus dari quran syamil, tapi harganya mahal, aku nggak punya quran nya. Aku punyanya yang terbitan bogor, kualitasnya juga bagus. Oh ya sekarang itu qur’an yang keren-keren semakin banyak, apa mungkin cirri-ciri kiamat.” Ustat baca sms.

“Huahahahahaha aneh, jayuss,” kata para murid

Ustat bercakap lagi.  “ tak kei pertanyaan.  Apa Hal terpenting dalam belajar ?. ayo mulai dari fajar jawabnya  sampai yang terakhir fiza.

Ustatpun menjawab “ hal yang paling penting dalam belajar adalah “niat” .

“Hehehehehe,hahahaha” ngekek dari sang murid.

“Diskusi kali ini, dimulai dari saya (ustatz). “

Kemudian Ustatz amembacakan ayatnya “ bismilla hirrrahmannirrohim. Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Arrohmanirrohim”.
Waktu itu aku mendengar pak makhasin, bapak zidni berkata menyangkut bassmallah.
Bahwa bismillahirrahmanirrohim adalah senjata hidup.  Berharap agar Allah menjaga imanku, agar imanku tidak dicabut.

Salah satu murid yang bernama mail berkata “ kegunaan basmallah untuk rajah”

  Ada lagi” Tanya Ustatz.  “ oke lanjut ke arrahmanirrohim. Ada yang mau menjelaskan tentang ini ? “
Para murid bengong sambil menjawab dengan berguming .

Kemudian pak Ustatz menjelaskan “ ar rahman untuk dunia dan arrohim untuk ahirat. Ini tadi udah ku certain sama hana. Misal ada orang marah-marah dengan orang non islam apakah dosa?

“dosa” saud muddasir.

“Walaupun yang di misuh-misuhi orang kafir tapi kalo dia (semisal orang islam) mengucapkan buruk, dipikirannya pasti buruk . Jika ada orang islam marah-marah sambil berkata keji pada orang kafir, padahal Allah tidak menyukai orang yang berkata keji.
Mencuri dari orang non islam. Mencuri itu dosa walaupun mencurinya pada orang non muslim sekalipun. Karna dia melanggar larangan  Allah bahwa mencuri itu dosa. Seperi misalnya ada seorang laki-laki islam, yang memperkosa wanita non islam, apakah dosa?.  Dosa, karna dia berzina. Dia adalah ahli neraka, dia berdosa kepada Allah.

 Allah itu maha adil ( manusiawi)

Jika ada orang non islam teraniaya oleh orang islam seperti co : jika ada orang non islam, tiba-tiba di jotosi sama orang islam, karna sebab dia tidak islam.

Dulu pada jaman rosullulloh, saat perang. Kemudia ada orang non islamnya, akan terbunuh oleh orang islam, kemudian orang non islam itu barshadat, tapi tetap saja orang islam itu membunuhnya. Kemudian rosululloh marah besar. “ kenapa kemu bunuh dia”. Kemudian orang yang membunuh menjawab “ dia mungkin hanya bershahadat bohongan. “ bagaimana kamu tahu isi hatinya.”

“Seseorang yang telah mengucapkan shahadat walaupun dia berbohong,tetap harus dilindungi”.  Tutur beliau.
Jika seseorang membunuh orang islam dari golongannya sendiri atau damai akan di denda 2 setengah milyar, itu baru di dunia, di ahirat?

Jika membunuh orang islam bukan dari golongannya atau tidak damai, dendanya setengahnya.
Jika membunuh orang kafir yang berdamai dengan kita dendanya sama persis dengan denda membunuh orang islam yang damai, 2 setengah milyar. Hak orang kafir lebih besar dari hak orang islam yang bukan dari golongan sendiri.

“ Aku mau cerita. Cerita ini sudah aku ceritakan pada khana..ketika kita di ahirat nanti apakah orang kafir boleh menuntut. Misal tidak, tapi Allah itu maha adil. Apa mungkin ketika kita dituntut oleh orang kafir kemudian pahala kita diberikan pada orang kafir itu. Tapi misal ia, apa gunanya, tetap saja orang kafir itu masuk neraka karna tiada guna amal itu. Atau mungkin orang kafir menuntut, kemudian sebagian dosa orang kafir itu diberikan pada kita. Berarti kita masuk neraka. Aku masih bingung, dan belum menemukan jawabannya.

Mencuri
“Mencuri itu dosa. Mencuri yang tidak dosa adalah mencuri hati. Hahahaha” kata ustatz
 Mencuri pandanganpun masih ada dosanya.

Menggosip
Allah itu maha pengasih, lagi maha penyanyang, adil.
Jadi kita orang muslim pun juga harus perikemanusiaan kepada semua orang.

-orang kafir itu punya hak. Berarti menggosip orang kafir dosa.

“ Ngodo uwong (ngomongin orang) itu dosa, tapi ada yang mengondo yang sifatnya harus. Seperti: ada seseorang  yang mendengar bahwa ada orang yang ingin mencopet orang  ini. Kemudian dia bilang pada orang ini, “ eh kamu mau di copet sama bla-bla “ . itu nggak papa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

senang bertengkar denganmu

Pernahkah kau bertengkar? Apa kau menyesalinya? Dan bila itu terjadi padaku aku tak akan menyesalinya. Indahnya pagi setelah kutempuh malam ...