Rabu, 05 Maret 2014

Capaian langkah



Target minggu ini dari senin tanggal 17-24-februari-2014
“BUkan seuntas janji dalam penggapaiannya. Adalah mencoba, untuk meraih yang dibutuhkan dalam penerangan hari , demi satu pengharapan. Ridho-MU GUSTI”
-Nulis bebas: minimal tiga
-Baca hadist : minimal tiga
-Baca Dunia sofhi
-Baca buku menjadi diri sendiri
-Baca hokum ketertarikan
-Baca menguak rahasia otak perempuan
-Baca filsafat umum
-Baca tafsir al qur’an
-Baca ipa
-Buat karya bareng sanggar (stopmotion)
-Buat karya bareng teater (cerita tentang penggabungan romeo dan Juliet dan valentine)
-Buat karya bareng fridom writer (buat antalogi cerpen dengan tema move on)
-Diskusi (apapun dech. Yang penting di luangin waktu untuk berdiskusi)
-Satu ide
-latihan percussi  (rencana tampil di uksw tanggal 4 maret)
-Latihan teater (rencana pentas produksi ).  Rencana dilaksanakan pada hari kamis. Dan oleh mbk sutradara di persilahkan membaca sarung dan kaos kaki bagi para ceweknya.
-Berimajinasi ( layaknya hal ini menjadi agenda yang sangat penting. Kerana dalam kegiatan itu aku terbang pada dimensi dunia yang belum tersentuh tangan-tangan manusia, kecuali si pemilik idea dan sang pemilik mutlak idea)
-Galau (hehehe, semoga aja dengan adanya galau adalah proses pendewasaan.
-Madrasah  ( meliputi pelajaran yang tersaji sesuai jadwalnya)
       -Fathul mu’in
       -Alfiyah
      -Faroid
       -Hadits
       -Falaq
       -Ahli sunnah wal jamaah
       - Waroqot (usul fiqh)


CApaian

Nulis 3
-loyang
-Wajah tengiknya pertanda
-Bermain
-Metamorfosa cinta
-Mbak kau hilang
-KErangka cerita “RUmah tangga kacau”  HIngga sang istri seringkali berhalusinasi menjadi kepala rumah tangga
-Diary
-Sendal
-KOnakir dan Juliet (naskah teater) “untuk turut memeriahkan Gk the 9 kawan –kawan gedhek tampil teater tentang cerita romance kolaborasi valitino
- Uniq si Sapitank bukan septic tank
-Kentut  (dialog, pengwajaran)
-Dua bayang (belum selesai)
-IBu
-Hay dengarkan aku
-Uniq dalam batasan

Baca hadist :  cong!!!!   Dech……   keren
Baca Dunia sofhi :  Dari sini ada banyak hal yang dulu tertanyakan, kini terawab. Memang tak banyak lembaran-lembaran yang kubaca, karena ada suatu kebiasaan, entah itu baik atau buruk, bahwa ketika aku membaca sesuatu yang menarik aku tulis, dan sungguh sayang, bahwa di buku ini banyak hal yang menarik sehingga aku harus menulisnya agar terdokumentasi, tak hanya itu. Sering kali aku harus berhenti lama, karena apa yang disampaikan disini dapat di kaitka dengan banyak hal, terkadang pula terdapat pertentangan, bahkan sering kali berkomentar atas perkataan itu. Dan komentar itu agar tak terlupakan harus meminta si pena menupahkan tintanya. Hingga membuat berbulan-bulan dalam membaca buku ini belum juga tamat-tamat.  Karena aku sangat menyukai sekali buku ini juga pembelajarannya. Aku susah cepat-cepat untuk mentilap buku ini…….
Pembahasan selama seminggu ini adalah tentang yesus, bagaimana kehidupannya, hingga dia di salib. Dari sini timbul suatu pertanyaan yang lalu kuajukan pada lekku. Hingga beliau menjelaskan banyak hal. Juga tentang iman dan akal. Apakah kedua hal ini bisa selaras?....     juga tntang Thomas Aquinas : bagaimana ia menselaraskan antara pelikiran filosof Aristoteles dan doktrin Kristen (akal dan iman).
Baca buku menjadi diri sendiri :
Sudah berbulan-bulan aku meminjam buku ini dari kawanku. Namun tak kunjung pula aku baca, hingga pada bulan-bulan ini aku menyempatkan diri untuk membacanya. Dan ternyata ulasan pesannya sangat menarik.  Bagaimana menjadi diri sendiri, memahami yang apa yang mambuat kita berubah (dalam buku itu adalah cinta dan benci). Menajement diri,sikap, hubungan dengan masarakat, hubungan dengan TUhan, kecerdasan emosi. Tak hanya sebatas mengerti tapi juga memahami. Dan Alhamdulillah sudah selesai.
Baca hokum ketertarikan
Dari lembaran yang ku baca menceritakan, bahwa kata –kata akan mengeluarkan suatu getaran dalam diri entah itu positif atau negative. Entah itu kata dari dalam diri sendiri atau orang lain. Juga disampaikan, untuk memperjelas sesuatu, cari tahu terlebih dahulu kontrasnya.
Baca menguak rahasia otak perempuan
(pekerjaan ganda) Bagaimana seorang wanita yang telah berumah tangga yang disisi lain juga sebagai wanita karir. Bila saja, tak diimbangi dengan kecerdasan emosi, seorang waita bisa kacau (apa lagi wanita sangat rentan dengan depresi) bahkan bisa terjadi konflik dalam keluarga dan hal terburuknya adalah hingga membawa pada perceraian.  (wanita terhadap marah) biasa wanita yang sedang moodnya buruk ia akan banyak mengoceh. (wanita dan depresi) tinggkat depresi wanita jauh lebih tinggi dari laki-laki. Dan hal itu dimulai ia mulai masa pubertasnya sekitar umur 11tahun. Mulai teradi kecemasan, dikarenakan bentuk tubuhnya yang mulai berubah, dan rasa kurang menerima terhadap perubahan itu. Pada masa smu tingkat stress wanita 2 kali atau 3 kali lebih tinggi daripada pria. Dan dikabarkan pula wanita jauh lebih rentan terkena stres (entah ringan, sedang, berat). Biasanya juga wanita remaja yang terkena stres akibat menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis yang lebih tua, hingga dari situ ia  memiliki tuntutan, tingkat keseriusan, dan permasalah yang lebih komplek sehingga mengarah ke gangguan depresi. Dan kecendrungan wanita  ialah terus memikirkan masalah yang dihadapi (Ruminative coping) sehingga menjadi factor penyebab tingginya tingkat depresi. Apa lagi semakin ia memikirkan masalah itu, pikirannya justru akan semakin bercabang karena memikirkan masalah-masalah lain yang terkait dengan masalah utama.
Baca filsafat
Hahay…. Seru……   ternyata.  Ya memang sich masih tahap awal, namun ternyata mengasikkan juga. Mengulas apa itu filsafat. Juga gaya berfikir filsafat. Sejarah tentang filsafat seperti plato dengan teori ideanya, Socrates “ilmu bidan” (membantu melahirkan pengertian pada orang-orang), juga ia minum racun di hadapan hakim. Tentang kaum sofis.   Selain itu juga cari-cari tentang teori dialektikanya hegel siapa gitu.  Empirismelah, aksiologi, ontologi, epistimologi, induktif, deduktif ya walaupun ada beberapa hal yang masih cukup rancu dalam pemahaman.
Baca Tafsir Al Quran
Ada tiga tafsir yang kubaca (meski belum tamat semua)
-Al misbah : menjelaskan tentang (maliki yaumiddin, iyyaka na’budu, wa iyya kanastai’n) meski hanya tiga ayat ini tok, penjelasannya sungguh panjang dan sangat menarik. Karena dari setiap hurufnya di uraikan.  Seperti halnya “kami pada kata” Iyyaka Na’budu”  Hanya kepadamu kami menyembah : kata kami mengandung jama’ sehingga menjelaskan bahwa serang muslim itu hidup bersama. Saling membutuhkan satu sama lain. Dsb
-Depag : surat ali imran. Entah ayat berapa, aku lupa. “bahwa mereka (orang kafir) sudah mengetahui kebenarannya, namun di karenakan kesombongan juga dengki mereka menyembunyikan kebenarannya.
-Ibnu katsir : menjelaskan tentang Nabi Ibrahim dan ismail membangun Batulloh dan berdo’a untuk umat-umatnya,  dll
Baca ipa
Nah kalau ini…..  belum sempet…..    Apalagi selama seminggu ini disibukin dengan acara Gelar karya
BUat karya bareng CAh Sanggar
“Stopmotion” karyanya. 
BUat karya bareng Cah “teater”
Tampil “konakir dan Juliet” dengan Juliet sebagai tokoh yang ku perankan. (la wong gak ada yang mau ok)
BUat karya bareng cah Fw
BUat antalogi cerpen dengan move on sebagai temanya”
DIskusi
Nah ini seru nich.
DEngan fiza :  Semula bercerita tentang kawan yang sedang di landa cinta, hingga merujuk pada pengertian bagaimana mensikapi cinta yang datangTahap awal, ada orang yang menghargai cinta, ada orang yang mencibir atau menghinga cinta, hingga ia jatuh cinta. Bahkan bisa tenggelam terlalu dalam hingga yang difikirkan hanya si dia, namun dari sini ia akan belajar bahwa cinta hanya rasa yang datang juga pergi. Maka akan tibul kesadaran juga pembelajaran bagaimana mensikapi rasa cinta yang datang.
Bahkan cinta pun juga ada manfaatnya.  Yang semula ia tidak mau dewasa, ia bisa menjadi dewasa. Yang nakal bisa berubah jadi baik, penuh kasing sayang. Begitu pun sebaliknya bila sakit hati, ia bisa mendadak jadi sensitif, mudah marah, bahkan bisa sampai depresi, lebih parahnya lagi bunuh diri.
Dan terlalu jauh bermain dalam cinta pada usia remaja (belum waktunya, menikah), hanya sebuah kesia-siaan, toh gak bisa ngapa-ngapa in. Apalagi patah hati saat umur segini itu rugi kata ustat . jikapun memilih jalan pacaran, ah kurang cong…..   “emang kalo udah pacaran kenapa” .  padahal tahu sedirilah, hubungan dalam berumah tangga itu sangat lama. Bahkan selama-lamanya. Jika usia remaja hanya untuk berpacaran sayang. Ini umur buat istirahat dari menjalin tali kasih. Kalo hanya jatuh cinta sich, oke-oke aja.  Naaaa  nanti kalo udah pada waktunya, baru dech perjuangin cinta. Kalo sekarang, cukup ni’matin dan rasakan. Dan ambil pembelajarannya.
Dengan mb ita juga mb fina : yap…   pembahasan sebelumnya adalah antara aku dan mb ita mengenai buku dunia shofi. Ternyata seru juga nie buku. Banyak banget pengetahuaanya. Lalu cerita juga tentang aristoteles yang mengungkapkan bahwa ia mempercayai adanya Tuhan satu. Dalam benak ku timbul tanya  “Bagaimana prosesnya hingga ia bisa berkesimpulan bahwa Tuhan itu satu. Bukan satu dalam tiga, sepuluh atau banyak.
Dari situ mbk ku yang berada di dekat pintu dengan hpnya, ia berkata. Hal seperti itu bisa di logika. Ia menjelaskan. Dan penjelasannya sama dengan ustat utarakan tempo lalu. “Itu di Kitab umul baroghin?” “iya” jawabnya.  Aku itu penasaran sama jawabannya aristoteles.  “yo wes to sok nang ahirat takokke” ceplos mb ita.
Dari ulasan yang di katakan mb fina, baru sore ini aku bisa “ceklik”, ya,,,,   satu,,,   nggk bisa 3 atau banyak.
Dengan mb ita : Ia bercerita dengan buku yang ia baca tentang seorang wanita yang merelakan rahimnya menjadi penapungan anak orang lain dengan bayaran sebagai gantinya. “Wah laki-laki, pintar sekali bersilat lidah” ujarku
Selain itu ada teater yang juga sebagai pembahasan. Ku uraikan bagaimana latsar yang dulu. “Baru bener-bener menyeluruh pelatihan dasar teaternya tahun ini. Dimentori orang yang mahir dalam bidang ini.  ‘ah jempol dech”
Dengan kawan-kawan lama :  nyinom ke rumah kawan. Dalam waktu istirahat, kugunakan waktuku untuk berbaur dengan kawan-kawan yang sudah lama sekali jarang bertemu. Hingga terbentuk sendiri pembahasan mengenai persengketaan antara palistina dan israel yang tak kunjung selesai. Tentang gunung gunung kelud, dan gunur merbabu yang di kabarkan aktif (wallohu a’lam). Juga tentang kairo yang hujan salju. Risma sebagai wanita yang berani. Benazer butto yang di tembak dan mati karena seorang yang berani.
Dengan lek achmad : Ada banyak hal yang kutanyakan kepada Beliau. Sepertinya yesus , keristen yang hapir menguasai seluruh dunia. Juga para sahabat Rosululloh mengapa mereka bisa menerima ajaran yang dibawa oleh Rosululloh. Dan masih banyak lagi.
Dengan mas muhliz (ngambil jurusan sosiologi dan antropoligi) : nah…. Ini orang seru. Entah mengapa, iya mudah sekali berbaur dengar orang. Bahkan seolah ia bisa memancing perkataan seseorang yang tersimpan dalam dirinya…..  aneh…. Super duper aneh….
Ia ceritakan pengalamannya tentang terjun langsung ke masyarakat.  Bagaimana berbaur dengan orang lain. Ia juga menjelaskan tentang kecerdasan emosi. Pengalamannya mengajar, berdagang.  (pokoknya banyak dech)
Dengan lek Achmad dan kawan-kawan :  “keburukan wanita. Wanita seringkali di kalahkan dengan ketakutannya sendiri” “Sebenarnya tingkat kecerdasan wanita jauh lebih tinggi dari laki-laki, hanya saja kecerdasan itu terhambat oleh ketakutannya sendiri. Seandainya wanita bisa menghilangkannya ia akan jadi keren. Seperti benazer butto.” Ujar ustat.
Dalam hatiku bersuara . iya, rasanya mendengar ini begitu mencengangkan karena yang beliau katakan selaras dengan ku. Hingga dalam tatapan seriusku aku bertanya. “lalu apa lagi keburukan wanita. Mungkin dengan mengetahui hal itu kami bisa berlatih menghindarinya”
Semula beliau terdiam, lalu berkata “sudahlah han. Tak perlu kau fikirkan itu. Lebih baik jalani saja apa yang benar”
Dari sini pula ada banyak hal yang beliau terangkan hingga banyak sekali pertanyaan yang ku pendam terjawab. Banyak sekali.
Dari cerita ketakutan seorang wanita yang dijelaskan oleh ustat, sangat selaras dengan buku yang kubaca mengenai “menguak otak perempuan”.  Tentu saja wanita banyak takut. Karena wanita dua atau tiga kali lebih rentan terhadap depresi dibandingkan laki-laki. Dan hal itu dimulai saat ia mulai pubertas.
Iya-iya aja wanita seringkali terkalahkan oleh ketakutannya. Cara wanita dan laki-laki dalam merespon seperti itu berbeda. Bahkan dalam buku itu dijelaskan bahwa wanita jauh lebih peka dibanding laki-laki. Dari kepekaan itulah bisa membawa pengaruh, entah itu baik atau buruk. Juga wanita sangat mudah terpengaruh.

Satu ide
“Wanita lebih mudah terkena depresi dua atau tiga kali lipat dari laki-laki. Dimulai sejak awal pubertas(menurut buku yang ku baca ), bertambah umur, (ketika usia sma) semakin pula bertambah kerentanan akan depresi. Di pondok-pondok perempuan biasanya jarang ada olahraga rutinan. Padahal olahraga sangat penting, setidaknya untuk membuat diri agar nggak mudah marah lah. Karena dengan bergerak, tubuh akan menjadi segar bugar. Nah lo, kalo nggak ada olahraga gimana. Udah cewek semua, rentan depresi, mudah terpengaruh rasa sedih, lebih mudah sakit hati, nggak ada olahraga pula. Maka sebaiknya di pondok entah putra atau putri setidak-tidaknya empat atau lima kali selama satu minggu di adakan agenda olahraga. “

Latihan perkusi
hari selasa latihannya. Renacana tanggal berapa gitu, maret 2014 perkussi di undang ke uks.

Latihan teater (projeck anak qtha)
Hari rabu latihan di lapangan.
Hari kamis, di ajak sama mb AL ke depan ramayana lalu berjalan ke jalanan, Acting, gaya model. Bener-bener dech urat malunya rasanya ilang.  Seru banget……
Berkostum sarung dan kaos kaki yang diletakkan di tangan bagi ceweknya. Kalo yang cowok,  pihannya pake daster atau celana kotor juga kaos tak berlegan (ah… apa tho. Lupa namanya)

Berimajinasi
Seolah adalah bualan atau sesuatu yang kagak penting. Namun tidak bagi ku. Hal ini sangat penting untukku….  
Banyak hal yang ku bayang kan…..  hingga seringkali membuat orang yang berada di dekat ku hilang.  Wkwkwkwkw…..   
Hal ini salah satu, yang membuatku tetap semangat hidup….   

Galau :  Hahaha…..  ketika galau, maka terjadi permasalahan dalam diri.  Biasanya meyebabkan sedih, pengen marah, pengen nangis, khawatir, takut dll.  Namun dari adaya hal itu, diri akan mencoba berupaya memahami kegalauan itu dan mensikapinya juga meni’mati rasa itu.   Hahahaha……      meski hanya sedih, kan katanya dosa nya diampuni kalau sabar (wallohu a’lam). Nah  kan bisa sekalian latihan sabar, menahan amarah, menahan ego. Dan biasanya kegalauan itu tak hanya muncul satu kali dalam hidup, bahkan berulang kali. Dari sini bisa mencari cara ketika galau datang agar tidak berimbas pada orang lain atau bagaimana sikap kita saat galau kepada orang lain. Agar tak sampai menyakiti. 
Bahkan dari kegalauan, kita bisa menyadari, betapa lemahnya diri kita. Hingga bisa membawa pada pengagungan pada Tuhan.  “Sungguh mudah bagi Tuhan untuk menghancur leburkan gunung besar, dan mudahnya itu sebanding dengan mudah nya mengambil kembali rasa sedih dan gelisah ini. Seandainya buka karena Engkau wahai Tuhanku, niscaya hancurlah aku”

Madrasah  :  pokoknya cong dech….    “Beruntung sekali hati dan jiwa, raga ini dibelokkan Tuhan ke madrasah, hingga aku bertemu beliau-beliau yang hebat. Mengajar bukan karena imbalan yang kan didapat. Tapi murni ketaatan juga demi keridhoan Alloh. Dan beruntung ada ustat cara pandangnya sangat terbuka. Hingga tak hanya mendongkol pada kebenaran sendiri, hingga yang lain di anggap salah, Padahal belum tentu yang lain itu salah.
Pokoknya Alhamdulillah……..                 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

senang bertengkar denganmu

Pernahkah kau bertengkar? Apa kau menyesalinya? Dan bila itu terjadi padaku aku tak akan menyesalinya. Indahnya pagi setelah kutempuh malam ...